Wihara Budha Banjar

Wisata Religiousi di Brahmavihara-Arama

Begitu lengkap arena wisata di Bali yang tak hanya dapat memuaskan fisik manusia semata, namun wisata reliji yang menjadi bagian dari pemuasan hasrat kebathinan manusia juga tersedia di daerah wisata terkenal ini. Adalah Brahmavihara-Arama, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Wihara Budha Banjar merupakan salah satu tujuan wisata di Bali yang patut dijadikan salah satu tujuan bagi para wisatawan domestik mapun asing. Lokasinya terletak di Kecamatan Banjar sekitar 22 km sebelah barat Singaraja dan sekitar 11 km dari Pantai Lovina.

budha-vihara

brahma-vihara-arama-temple-481

kutidharmasala  stupa1

Brahmavihara-Aramamenyajikan suasana yang tenang dan sepi serta memungkinkan untuk emandang langsung ke Pantai Lovina yang jaraknya tak begitu jauh, membuat vihara umat Budha ini menjadi daya tarik yang impresif bagi siapapun yang mengunjunginya. Sebagaimana tempat ibadah umat-umat lainnya, Vihara ini juga memiliki beberapa bagian strategis yang diantaranya:

– Upostha Gara

letaknya di puncak sebelah Barat, tempat ini merupakan sebuah ruangan yang sangat nyaman, tenang dan damai. Ruangan ini pun biasanya berfungsi untuk tempat penasbihan (pengukuhan) para Bhiku Samanera (calon Bhiku), yang akan digembleng untuk mengikuti tahapan berikutnya. Hiasan didindingnya dilengkapi dengan pahatan panel kelahiran Sang Budha, dan ditengah-tengah ruangan tersebut terdapat patung Budha dalam keadaan mencapai Nirwana.

– Stupa

Merupakan ruangan yang berbentuk mirip lonceng raksasa dan letaknya di sudut Barat Laut, dimana seluruh sisinya terbuat dari beton degan relief-relief yang sangat mengagumkan.

– Dharmasala

Tempat ini bisa dikatakan semacam ruang kuliah yang biasanya dipakai oleh para Bhiku untuk memberikan ceramah-ceramah keagamaan, selain juga difungsikan untuk bermacam-macam aktifitas spiritual keagamaan.

– Kuti

Tempat ini merupakan arena latihan para Bhiku yang juga merupakan tempat tinggalnya.

– Pohon Bodi, disekitar pohon besar ini terdapat hiasan relief yang sangat menawan. Letaknya di sudut Barat Daya. Pohon ini disimbolkan sebagai perwujudan kemenangan Sang Budha saat mencapai apa yang disebut dengan “kesempurnaan yang abadi” (Sammia Sang Budha).

Meniru Sang Budha

Diberbagai sudut dan ruangan kompleks Vihara ini terdapat berbagai bentuk aptung Budha. Yang menarik adfalah dua patung Budha yakni patung Parinirwana dan Sang Budha yang sedang mencapai keadaan moksa atau sama dalam agama Hindu.

Lokasi ini sangat menarik dijadikan tempat wisata reliji bagi wisatawan yang disamping ingin menikmati keindahan alam, juga hendak mencapai ketenangan bathin. Karena dari Sang Budha, pengunjung dapat diajarkan mengenai kehalusan budi, sifat humanisme, dan sikap dalam memandang dunia yang fana ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: