Pura Uluwatu

Menapaki Lingkungan Pura Uluwatu

Eksistensi Pura Uluwatu memiliki nilai yang luhung bagi masyarakat Bali yang terkenal begitu religius. Lingkungan pura Uluwatu sendiri konon telah berdiri sejak sekitar abad ke-11, yang menurut perhitungan kuno seusia dengan seorang empu terkenal bernama Empu Kuturan yang mendirikan pelinggih di lingkungan Pura Besakih. Yang kemudian tempat tersebut dipilih oleh Pendeta Dahyang Nirarta untuk mencapai moksa dan menapaki hakikat kesucian jiwa yang bersih dari noktah dan dosa.lihat juga Pura Luhur Uluwatu

Lingkungan Pura Uluwatu

 pura-uluwatu

pura-uluwatu2

pura-uluwatu3

pura-uluwatu5

Lingkungan pura sendiri terdiri dari semak-semak dan dijaga oleh banyak kera yang jinak dan dilindungi oleh masyarakat sekitar. Lokasi Uluwatu juga terletak di perbukitan yang berbatu karang di sebelah selatan Pulau Bali. Pura ini juga menjadi terkenal karena tepat dibawahnya merupakan Pantai Pecatu yang seringkali digunakan untuk olahraga selancar, bahkan even-even internasional kerap digelar di pantai Pecatu.

Pura ini merupakan Pura Sad Kahyangan yang dipercaya oleh masyarakat Hindu Bali sebagai penyangga dari 9 mata angin. Sebagaimana telah disinggung, awal pembangunan pura ini dimaksudkan untuk memuja seorang empu suci yang dihormati yakni Empu Kuturan.

Empu Kuturan sendiri kemudian menurunkan ajaran Desa Adat dengan berbagai aturannya. Pura Uluwatu terletak pada ketinggian 97 meter dari permukaan laut. Di depan pura terdapat hutan kecil yang disebut alas kekeran, berfungsi sebagai penyangga kesucian pura.

Pura Uluwatu memiliki beberapa pura pesanakan. Maksudnya yakni pura yang sangat erat kaitannya dengan pura induk. Pura pesanakan itu yakni Pura Bajurit, Pura Kulat, Pura Pererepan, Pura Dalem Pangleburan, dan Pura Dalem Selonding. Dimana masing-masing pura tersebut memiliki kaitan dengan Pura Uluwatu, terutama pada hari piodalannya. Piodalan di Pura Uluwatu, Pura Bajurit, Pura Pererepan dan Pura Kulat jatuh pada Selasa Kliwon Wuku Medangsia setiap 210 hari. Manifestasi Tuhan yang dipuja di Pura Uluwatu adalah Dewa Rudra.

pura-uluwatu6

pura-uluwatu4

Dimanakah Lokasinya?

Uluwatu termasuk wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Daerah tersebut jika ditempuh dari Denpasar kurang lebih 30 km ke arah Selatan lewat kawasan pariwisata Kuta, Bandara Ngurah Rai Tuban dan Desa Jimbaran. Tempat tersebut sangat baik jika dipakai untuk olah raga papan selancar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: