Pura Tambangan

Menilik Meriam Tua di Pura Tambangan
Sebagai daerah yang mayoritas penduduknya bergama Hindu membuat Bali banyak memiliki pura yang dipergunakan untuk sarana peribadatan masyarakat setempat, sekaligus juga dijadikan sebagai objek wisata. Salah satu dari sekian banyak pura yang terdapat di Bali adalah Pura Tambangan yang juga memiliki keistimewaan laiknya pura-pura yang lain.

 pura-tambangan pura-tambangan2 pura-tambangan3 SONY DSC pura-tambangan5

Adapun dewa yang dipuja di pura ini ialah Dewa Siwa sebagai manifestasi dari Sang Hyang Widhi atau Tuhan Yang Maha Kuasa. Pura ini memiliki sejarahnya yang panjang dan merupakan pura yang memiliki konsep Tri Mandala sama halnya dengan pura-pura lainnya di Bali. Pura Tambangan juga merupakan Pura Kahyangan Jagat Tiga yang begitu diistimewakan oleh masyarakat sekitar.

Meriam Tua

Ada yang menarik dari pura ini yang tak terdapat di pura-pura yang lainnya yakni keberadaan dua buah meriam tua yang posisinya persis berada di kanan dan kiri Nista Mandala. Dua buah meriam ini dinamai Gora dan Gori laiknya kucing kembar yang memiliki nama identik. Ketika pengunjung akan memasuki Utama Mandala maka akan terlihat Candi Kurung yang dihiasi oleh dua buah arca yang berada di kanan dan kirinya yang disebut dengan Jaksa dan Jaksi.

Sementara itu di Utama Mandala terdapat banyak pelinggih yang tersusun rapi sesuai dengan fungsinya masing-masing. Pada halaman ini terdapat dua pemedalan yaitu, pemedalan untuk memuja Dewa Siwa yang berada disebelah timur dan pemedalan Bhatari Durga disebelah barat. Pada mandala ini juga dilengkapi dengan pesanggrahan agung dan beberapa bale pelengkap. Tradisi unik yang sering dilakukan di pura ini adalah pementasan Tari Baris Tangklong pada saat penampahan Galungan serta Siyat Sampian yang dilakukan saat hari raya Kuningan. Tradisi ini bertujuan untuk membersihkan mala dan menamankan jiwa ksatria.

Lokasi Pura Tambangan

Pura Tambangan berada di Jalan Gunung Batur, Desa Pemecutan, Denpasar Barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: