Pura Perancak

Menikmati Keindahan Alam dari Pura Perancak

Perancak merupakan sebuah daerah yang letaknya berada di Bali Barat. Di ujung barat Desa Perancak ini terdapat sebuah pura yang diberi nama Pura Perancak (sesuai nama desanya). Pura ini menghadap ke sebuah sungai yang memiliki keindahan panorama dengan sungai yang besar dan berliku sehingga menimbulkan impresi yang kuat. Air sungainya sangat tenang menyerupai air kolam sehingga tak membahayakan dan malah menyejukan. Sementara di seberang sungai tampak perladangan yang banyak ditumbuhi pohon-pohon pantai yang berjejer.

 pura-perancak

pura-perancak2

pura-perancak3

pura-perancak4

pura-perancak5

Kurang lebih 250 meter di sebelah selatan Pura Purancak terbentang lautan yang membiru, dan di kejauhan seberang lautan tampak gugusan pulau Jawa bagian timur. Sementara di sebelah kanan muara sungai kelihatan rumah-rumah tradisional yang menjorok ke laut disertai dengan deretan pohon-pohon kelapa melambai-lambai karena tiupan angin laut. Suasana yang demikian merupakan panorama yang indah dan menarik membuat mata yang memandang enggan untuk berkedip.

Banyak Dikunjungi Wisatawan

Meskipun wisata reliji namun pura ini banyak pula dikunjungi oleh berbagai wisatawan baik domestik maupun asing. Biasanya pura ini banyak dikunjungi pada hari-hari libur seperti Minggu atau liburan anak sekolah. Terlebih sekarang di sekitar Perancak terdapat sebuah objek wisata baru bernama Taman Wisata Tibukleneng Perancak yakni taman satwa yang banyak menghadirkan berbagai binatang seperti buaya, kanguru, cenderawasih, merak, dsb.

Wisatawan yang datang juga bisa menginap karena telah disediakan tempat untuk beristirahat (bungalow). Jika wisatawan ingin lebih mengeksplorasi keindahan sekitar maka bisa melakukannya dengan menyusuri sungai yang berada di sekitar Pura perancak dimana nelayan banyak yang menyewakan jukung (perahu) yang biasa digunakan untuk lalu lintas sungai. Sekitar satu kilometer ke arah timur laut dari pura dengan mengikuti jalan raya, pengunjung akan menemukan papan yang bertuliskan “The road to Buffalo face“, dan dari sini membelok kanan ke arah utara maka akan sampai di Taman Wisata Tibukleneng Perancak.

Lokasi Purancak kira-kira 10 km Barat Daya Desa Tegalcangkring, termasuk wilayah Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Dari Kota Denpasar menempuh jarak 96 km mengikuti jalan raya jurusan Denpasar-Gilimanuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: