Pura Pengerobokan Kesiman

Menjelajahi Pura Pengerobokan Kesiman
Di Bali banyak sekali terdapat pura tempat orang Hindu bersembahyang dan mendekatkan diri ke Sanghyang Widhi Wasa. Kini, di era modern sebuah pura tak lagi dianggap hanya sebagai lokasi peribadatan namun telah mengalami perluasan fungsi yang cukup signifikan: yang digunakan sebagai lokasi wisata juga.

SONY DSC SONY DSC SONY DSC pengerobokan-kesiman4 pengerobokan-kesiman5 pengerobokan-kesiman6

Masing-masing pura ini memiliki berbagai keunikannya tersendiri. Salah satunya ialah Pura Pengerobokan Kesiman yang memiliki konsepTri Mandala yakni Nista Mandala, Madya Mandala, dan Utama Mandala. Berbeda dengan pura lainnya, di Pengerobokan Kesiman ini diantara ketiga Nistanya tersebut tak ada tembok pemisah atau penyengker. Ketiganya tampak “akur” saling berdampingan.

Balai Begongan

Ada beberapa bangunan seperti Balai Begongan dan Bale Panjang yang biasanya ditempatkan di Madya Mandala, sementara di pura ini terlihat menyatu dengan Nista Mandala. Pada Utama Mandala terdapat tiga bangunan yakni Gedong Dalem, Gedong Pangerod, dan Gedong Desa. Gedong Pengerod merupakan pelinggih atau tempat pemujaan bagi Ida Bhatara Pura Sanak Amanca, Gedong Dalem disebut juga Balai Pastila adalah pelinggih tempat pemujaan bagi Ida Dalem Kesiman dan Puri Kesiman, dan yang terakhir yaitu Gedong Desa yang merupakan tempat pemujaan atau pelinggih bagi Betara-Betari yang berasal dari masing-masing khayangan Desa Kesiman.

Pura ini diperkirakan dibuat oleh Raja dari Dinasti Pemecutan yang bergelar Naraya Ngurah Kesiman yang menjadi raja pada tahun 1785 sampai dengan 1820 M. Ketika itu tujuannya didirikan pura ini ialah sebagai antisipasi alam dalam melakukan pemujaan terhadap Sanghyang Widhi. Adapun pemugaran total pura ini berlangsung pada sekitar tahun 1937.

Masyarakat sekitar pura ini bermata pencaharian sebagai pedagang dan karyawan serta pegawai negeri. Pura ini dilengkapi dengan fasilitas wantilan, toilet dan area parkir yang cukup memadai.

Jarak tempuh yang diperlukan bila anda ingin mengunjungi pura ini kira-kira 1 km dengan jarak tempuh kurang lebih 5 menit perjalanan dari kota Denpasar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: