Pura Masceti

Mengenal Pura Masceti Sebagai Tempat Pemujaan Batara Wisnu
Di Bali, ada dua yang bernama Masceti yakni sebuah pura dan pantai. Pura Masceti dan Pantai Masceti. Lokasi keduanya berdekatan, namun yang kali ini disuguhkan ialah mengenai Pura Masceti.

pura-masceti pura-masceti2 pura-masceti3 pura-masceti4

 

Pura ini sebagaimana keumuman dari pura-pua lainnya di Bali memiliki konsep Tri Mandala. Pura Masceti merupakan Pura Kahyangan Jagat yang juga dikenal sebagai tempat pemujaan Batara Wisnu. Pura ini termasuk pura suci yang seringkali dimanfaatkan untuk mencari kesaktian atau ilmu pengaweruh. Banyak umat Hindu yang kemudian menjadikan pura ini sebagai tempat untuk menyepi dan mengasingkan diri dari hiruk-pikuk kehidupan.

Dibagian Nista Mandala pura ini terdapat sebuah pohon yang besar yang dibawahnya terdapat pelinggih yang memiliki fungsi tempat pemujaan Batara Ratu Lingsir Baten Ketapang. Masuk ke Madya Mandala terdapat beberapa tempat pemujaan serta pendopo sebagai tempat peristirahatan untuk umat yang ke pura ini. Sedangkan dibagian samping pura terdapat Balai Kulkul.

Dibagian dalam (Utama Mandala) Pura Masceti ada beberapa tempat pemujaan (pelinggih) antara lain; Meru Tumpang Lima yang merupakan pelinggih utama untuk memuja Ida Batara Masceti, Meru Tumpang Lima berdampingan dengan Meru Tumpang Tiga pelinggih Batara Ulun Suwi, dan dibagian selatan digunakan sebagai tempat pemujaan Batara Segara, pelinggih sedahan, pelinggih panyarikan dan pelinggih pertiwi. Kebersihan Pura Masceti dipelihara, dirawat dan dijaga oleh 20 warga Subak. Dimana mereka berasal dari sekitar desa Medahan, Keramas dan Tedung.

Lokasi

Sebagaimana telah diulas bahwa Pura Masceti lokasinya berdekatan dengan Pantai Masceti yakni berada di tepian utaranya. Terletak di Desa Medahan, Kelurahan Keramas, Kecamatan Blahbatu, yang termasuk Kabupaten Gianyar. Dari Kota Gianyar jaraknya lebih kurang sekitar 5 km.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: