Pura Keraban Langit

Mengunjungi Pura Keraban Langit
Pura Keraban Langit merupakan salah satu pura yang terpenting di Bali. Keberadaannya cukup unik yakni di tepi tebing sebuah sungai. Ketika jatuh hari kelahiran atau persembahan maka akan banyak warga sekitar yang melakukan penyucian di pura ini karena juga termasuk dalam Pura Dang Kahyangan. Pura ini begitu sakral sehingga banyak orang yang melakukan meditasi disini.

pura-keraban-langit pura-keraban-langit2

Didalam pura terdapat sebuah mata air yang dipercaya penduduk sekitar bisa membawa berkah. Ada beberapa dewa yang dipuja di pura ini seperti Dewa Wisnu, Ratu Gede Lingsir, Ratu Ayu dan Ratu Made. Pada hari-hari tertentu seperti hari Raya Saraswati dan Siwalatri banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk melakukan pemujaan dan bersemedi memohon agar apa yang menjadi harapan dan keinginan bisa tercapai.

Konon menurut cerita kenapa air di dalam goa ini dianggap suci?Berawal dari sepasang suami istri yang ingin mempunyai anak setelah sekian lama berumah tangga, lalu suami tersebut memohon kehadapan para dewa yang berada di puncak Gunung Agung agar istri tercintanya dikaruniai anak. Setelah mendapat petunjuk, ia harus mencari air/Tirta Selaka yang berada di dalam goa di Desa Sading. Setelah mendapat air/tirta tersebut lalu diberikan ke istrinya untuk diminum, selang tidak berapa lama setelah air diminum istrinya mengandung dan akhirnya melahirkan anak kembar. Sejak saat itu air yang berada di dalam goa atau Pura Keraban langit dianggap suci dan membawa berkah bagi siapapun yang menggunakannya.

Pura Keraban Langit berada dalam sebuah goa. Saat memasuki area dalam pura yang berada di tengah goa terasa sejuk, segar dan damai ini disebabkan pada bagian atas gua terdapat lubang sehingga membuat udara segar dan matahari dapat masuk kedalam dan membuat yang melakukan sembahyang atau meditasi merasa nyaman dan kerasan. Pura ini dinamakan dengan Pura Keraban Langit, Kerep berarti tedung (atap) dan langit artinya langit jadi kalau dijabarkan mempunyai pengertian Pura yang beratapkan langit.

Lokasi

Pura Keraban Langit berada di Desa Sading, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, dengan jarak tempuh sekitar 13 km dari Kota Denpasar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: