Pura Gunung Raung

Pintu Pura Gunung Raung

pura-gunung-raung pura-gunung-raung2 pura-gunung-raung3
Pura Gunung Raung merupakan salah satu pura yang termasuk dalam Pura Kahyangan Jagat yang berada di Bali. Selain begitu disucikan, pura ini juga kerap menarik banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah Gianyar khususnya. Salah satu keunikannya ialah bahwa pura ini menghadap ke arah Timur, bisa dikatakan diluar kelazimannya sebuah pura yang biasanya menghadap ke arah Barat. Selain itu, keunikan lainnya yakni pura ini memiliki 4 pintu.

4 pintu itu berada di sekeliling penjuru mata angin: Timur, Utara dan Selatan yang pintunya berbentuk Cendi Bentar. Sedangkan pintu di Barat hanya berupa pintu kecil saja. Makna dari keempat pintu tersebut ialah pemikiran baik dan mulia biasanya muncul dari keempat penjuru mata angin. Tak sedikit orang yang datang ke Pura Gunung Raung ini bertujuan untuk memperdalam keilmuan kerohanian dan keduniawian supaya segala apa yang diinginkannya bisa dikabukan oleh Dewata.

Diperkirakan pura ini pertama kali dibangun pada abad ke VIII yang bermula dari perjalannya Dang Hyang Sri Markandya yang berasal dari daerah Jawa Timur. Maksud kedatangan Dang Hyang sendiri ialah untuk menyebarkan pendidikan rohani kepada sebanyak mungkin umat untuk kemudian bisa menata kehidupan duniawinya. Beliau dikenal tak pernah lelah, sampai akhirnya segala asanya bisa terwujud. Dalam perjalanannya iapun didampingi oleh Wong Age yang sangat setia kepadanya. Dan selama di Bali beberapa pura didirikan seperti Pura Gunung Lebah, Pura Besakih, dan juga Pura Gunung Raung.

Momen penting yang biasanya dilakukan di pura ini ialah Upacara Mesangkepan yang dilakukan setiap 210 hari sekali. Dan yang menarik dari upacara ini ialah kebiasaan sang Pemangku Pura yang tidak menggunakan Genta sebagaimana lazimnya digunakan dalam setiap upacara keagamaan di Bali. Adapun beberapa fasilitas yang ada di Pura Gunung Raung ini seperti pendopo, toko souvenir, warung makanan dan minuman, areal parkiran yang cukup luas, dan juga toilet.

Pura Gunung Raung berlokasi di Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali –Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: