Pura Gaduh

Pura Gaduh yang Tenang dan Hening
Tak seperti namanya Pura Gaduh yang berarti ramai, riang, jauh dari kesan sunyi, pura ini sebenarnya berada di kawasan Bali yang tenang dan hening meskipun keberadaannya tepat ada di sisi jalan utama. Pura Gaduh ini merupakan tempat ibadat warisan nenek moyang yang sampai kapanpun patut dilestarikan keberadaannya. Dalam setiap pura tentu tersimpan benda-benda bersejarah seperti arca, pelinggih, juga tentunya bangunan puranya itu sendiri.

SONY DSC pura-gaduh3 pura-gaduh4 SONY DSC pura-gaduh

Pura Gaduh merupakan bagian dari Pura Kahyangan Jagat. Pura ini merupakan bagian dari satu kesatuan dari beberapa pura yang ada di lingkungan tersebut. Ada beberapa pura lainnya yang mendampingi diantaranya Gedong Puseh, Kuru Baya dan juga Pura Batur Sari. Letak Pura Gaduh sendiri berada di halaman barat Pura Puseh dan sebelah timurnya Kuru Bayu.

Keunikan Pura Gaduh terletak pada keberadaan sebuah arca yang menyeramkan. Arca itu bernama Kepal Kebo Iwa yang memiliki perupaan mata yang melotot, kuping lebar, rambut yang gimbal dan gigi taring yang menyembul keluar persis seperti buto ijo. Arca tersebut dipercaya oleh masyarakat sebagai perwujudan dari wajah Kebo Iwa yang memiliki nilai filosofi yang tinggi yakni perbuatan baik dan buruk selalu berasal dari kepala.

Belum ada kepastian tentang kapan dibuatnya pura ini, namun konon katanya Pura Gaduh merupakan tempat suci peninggalan Raja Patih Sri Jayakatong yang memerintah sejak Tahun Saka 1214-1302 M. Kemudian diteruskan oleh Raja Bali lainnya yaitu: Sri Jayasunu, Sri Masula-Masuli, Sri Antasura Ratna Bumi Banten dan keturunan Sri Karang Buncing yang ada saat ini.

Lokasi Pura Gaduh

Pura Gaduh berada di Jalan Kebo Iwa, Desa Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Pulau Bali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: