Pura Dalem Sangsit

Mengeja Makna Filosofis Pura Dalem Sangsit

Masyarakat Bali tak bisa dilepaskan dari kegiatan peribadatan dan tentunya tempat peribadatan itu sendiri. Adalah Pura Dalem Sangsit merupakan salah satu pura yang memiliki daya tarik tersendiri. Yang paling menonjol dari pura ini yakni relief yang terdapat pada tembok luar pura tersebut yang menggambarkan cerita Bima Swarga. Secara umum, dalam cerita ini menggambarkan adanya hukuman imbalan yang diterima oleh setiap orang pasca yang bersangkutan meninggal dunia.

pura-dalem-sangit3

pura-dalem-sangit2

pura-dalem-sangit4

pura-dalem-sangit5

pura-dalem-sangit6

Misalnya saja, hukuman kelak setelah seseorang mati dimana ketika ia di dunia melakukan perbuatan perzinahan atau pembunuhan. Dalam relief ini juga terkandung makna filosofis mengenai hak dan kewajiban umat Hindu. Misalnya, ada penggambaran seorang wanita yang mesti menyusui seekor ulat raksasa karena tidak mampu memberikan keturunan.

Makna Relief

Karena terjangan umur, tak heran di beberapa bagian reliefnya sudah tampak kabur, meskipun di beberapa bagian lainnya masih nampak jelas. Berada di lingkungan pura ini tak selamanya menjamin suasana tenang dan menentramkan, karena ada beberapa patung yang berwajah seram sebagaimana umumnya terdapat di lingkungan pura dimana ada kaitannya dengan kematian. Dengan patung-patung menyeramkan tersebut, disatu sisi memberikan keseraman namun disisi lainnya juga menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Fasilitas

Namun sayang, ketika mengunjungi pura ini jangan dulu berharap akan adanya fasilitas yang memadai selaiknya lokasi kepariwisataan yang lain. Di depan Pura Dalem Sangsit merupakan jalan ke kuburan Desa Adat Sangsit yang biasanya digunakan untuk arena parkir sementara pengunjung. Bagi mereka yang tak membawa kendaraan, pura ini bisa dicapai dengan berjalan kaki yang jaraknya hanya 2 km saja dari jalan raya.

Lokasi

Lingkungan Pura Dalem ini terletak di Desa Sangsit atau sekitar 8 km sebelah Timur Singaraja. Lingkungan pura ini sudah mudah dicapai dengan bermotor.

Apabila dari singaraja setelah sampai di desa Sangsit, tepatnya di depan Pasar Sangsit, terdapat tanda petunjuk obyek, belok ke kiri mengikuti jalan beraspal kurang lebih 700 meter, sebelum sampai ke lingkungan Pura Beji, belok ke kanan mengikuti jalan tanah menuju Lingkungan Pura Dalem Sangsit yang jaraknya dari jalan aspal kurang lebih 800 meter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: