Pura Dalem Jagaraga

Pura Dalem Jagaraga
Sebagaimana diketahui banyak orang bahwa Bali ialah pusatnya bangunan Pura atau tempat peribadatan Umat Hindu di Bali karena mayoritas penduduknya beragama Hindu. Oleh sebab itu, hampir di seantero Bali bangunan relijius ini bisa dengan mudah ditemukan. Tak terhitung secara pasti berapa banyak pura yang ada di Bali ini. Masing-masing pura tentunya memiliki kelebihan dan daya tariknya tersendiri, terutama bagi para wisatawan baik domestik maupun asing.

jagaraga jagaraga2 jagaraga3 jagaraga4

Pura Dalem Jagaraga ialah salah satu pura yang penuh dengan daya tarik bagi wisatawan yang mengunjunginya. Pura ini merupakan salah satu dari lingkungan Pura Kahyangan Tiga Jagaraga yang secara umumnya memiliki ciri-ciri yang sama dengan Pura Dalem lainnya di Bali seperti lokasinya yang dekat dengan kuburan, memiliki hiasan-hiasan patung yang berwajah seram dan menakutkan yang diantaranya patungnya Betara Durga yang terkenal itu.

Beberapa keunikan bisa terlihat di lingkungan Pura Jagaraga ini diantaranya memiliki pahatan relief di tembok paling depan di bagian luar lingkungan pura ini, dimana dalam reliefnya itu melukiskan pertempuran pesawat udara model kuno, perampokan bersenjata, perahu, orang yang sedang meminum bir. Juga yang tentunya tak kalah menariknya ialah adanya patung Men Branyut, yakni cerita rakyat yang cukup terkenal yang menggambarkan keluarga yang terlalu banyak mempunyai anak dan digambarkan suka duka orang tua ini yang penuh dengan kelucuan.

Fasilitas

Namun sayang meskipun sudah mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lingkungan pura ini belum tersedia fasilitas yang khusus dibangun untuk wisatawan. Jalan di depan lingkungan pura sementara dipergunakan parkir bagi wisatawan yang mengunjungi lingkungan pura ini. Hal-hal semacam inilah yang merupakan hal fundamental dalam mendukung sarana dan prasarana untuk wisatawan yang harus segera dibangun supaya mereka yang datang bisa datang dengan nyaman, tertarik, sehingga akhirnya berdampak pada pemasukan kas lokasi wisata-reliji ini.

Lokasi

Lingkungan Pura Dalem Jagaraga berada di Desa Jagaraga, atau sekitar 11 km sebelah timur Singaraja tepat berada di jalan jurusan Singaraja – Sawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: