Pura Batu Klotok

Berwisata Ke Pura Unik Batu Klotok

Seolah telah ditakdirkan bahwa apapun yang ada di Bali entah itu lokasi wisata alam seperti pantai, laut, pegunungan, danau, cagar alam, atau yang dikreasikan oleh manusia seperti berbagai kesenian, kebudayaan, kerajinan, atau tempat peribataan selalu menyedot wisatawan yang datang. Apapun itu sepanjang berada di Bali pasti akan diburu oleh para wisatawan baik asing maupun domestik. Begitu juga dengan Pura Batu Klotok yang terletak di Kabupaten Klungkung.

Keindahan Alam Sekitar Pura

 batuklotok2 batuklotok3 batuklotok4 batuklotok5 batuklotok6 batuklotok8 batuklotok

Pura Batu Klotok ini termasuk dalam Pura Kahyangan Jagat yang terdapat di Bali. Pura ini kerap kali dijadikan sebagai tempat pemujaan Ida Bhatara Brahma atau Pesanggarahan Ida Betara Besakih. Pura ini juga oleh masyarakat setempat difungsikan sebagai tempat memohon keselamatan supaya tanah pertanian menjadi subur, makmur, gemah ripah lohjinawi.

Apa menariknya Pura Batu Klotok? Selain tempatnya sakral, pura ini dikelilingi oleh panorama alam yang menakjubkan. Alam pesisir pantai yang begitu memesona dengan latar belakang pesawahan dan Gunung Agung yang tampak dari kejauhan menjadikan Pura Batu Klotok ini semakin lengkap dan sulit untuk tak masuk daftar kunjungan Anda ketika di Bali. Dari pura ini juga pengunjung dipastikan dapat melihat keindahan gugusan Pulau Nusa Penida yang terletak tak begitu jauh dari Batu klotok. Waktu yang paling ramai di pura ini adalah ketika datangnya bulan purnama dan menjelang Tahun Baru Saka dimana banyak Umat Hindu yang datang dengan tujuan untuk bersembahyang.

Sebagaimana umumnya pura, Pura Batu Klotok juga memiliki bagian-bagian yang terdiri dari Utama Mandala, Madya Mandala, dan Nista Mandala. Di bagian Nista Mandala atau bagian luar pura terdapat Candi Bentar, Pelinggih Sanghyang Kala Sunia, Arca Dwapala, Bale Pawedaan, Pelinggih Ida Batara Dalem Ped, dan juga panggung. Sedangkan di bagian Madya Mandala (bagian tengah pura) terdapat pelinggih atau tempat pemujaan Sang Kala Sunyah, Penghayatan Ratu Gede Penataran Ped, Bale Pemedek, Bale Gong, dan Bale Kulkul.

Sedangkan di Utama Mandala (bagian dalam) terdapat Pelinggih Ida Batara Watu Makocok (Makocel). Di Makocel dinilai memiliki kekuatan spiritual yang sangat tinggi sehingga pelinggih ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk memanggil kekuatan alam supaya dianugerahi keselamatan, kesuburan dan kesejahteraan.

Pura ini terletak di Banjar Celepik, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Lokasinya berada di pinggiran Pantai Batu Klotok atau sekitar 5 km ke arah selatan Kota Semarapura. Jika ditempuh dari Denpasar berjarak sekitar 42 km atau sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: