Pulau Serangan

Melongok Pulau Serangan yang Terpencil

Mungkin belum banyak yang tahu kalau di Bali ada sebuah pulau yang cukup terpencil dari wilayah Pulau Dewata ini. Tepatnya berada disebelah Selatan Pantai Sanur. Arealnya lumayan luas sekitar 73 hektar dan dihuni oleh penduduk lokal. Untuk menjangkaunya lewat darat, hanya ada sebuah jembatan yang menghubungkan antara Bali dengan pulau ini, namun hanya bisa dilalui disaat air laut surut. Sebaliknya kalau air laut sedang pasang, maka jembatan tersebut tak bisa dilalui lagi.

pulau-serangan pulau-serangan2 pulau-serangan3 pulau-serangan4

Nama pulau ini ialah Pulau Serangan atau banyak juga yang menyebut dengan Pulau Penyu. Pulau Serangan merupakan tempat penangkaran Penyu Hijau (makanya disebut juga sebagai Pulau Penyu). Dan disaat tertentu ada momen menarik yang bisa disaksikan langsung di pulau ini, yakni proses melepaskan anak Penyu Hijau atau yang disebut dengan Tukik ke laut. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pulau Serangan ini bisa juga menggunakan kapal boat dengan dimulai dari Sanur, Suwung atau dari Tanjung Benoa.

Selain bisa menyaksikan Penyu-penyu yang ada disini, Anda juga bisa mengabadikan keindahan Pulau Serangan yang terkenal dengan pantainya yang indah dan deburan ombaknya yang tinggi. Dikala musim penghujan datang, maka berimplikasi pada peningkatan gelombang menjadi tinggi yang biasanya terjadi pada bulan November – April. Makanya dianjurkan kalau mengunjungi Pulau Serangan jangan lupa untuk membawa alat potret atau kamera yang sangat berguna untuk mengabadikan momen-momen penting seperti sunset dan melepaskan Tukik ke laut.

Pulau Seragan juga memiliki hutan bakau yang sangat disayangkan kelestarian ekosistemnya sudah sedikit terganggu. Untuk mencegahnya, penduduk lokal dan juga para penggiat kelestarian alam bahu-membahu menanam bibit bakau yang baru. Hutan bakau sangat signifikan peranannya karena memiliki perananan dalam menjaga kelestarian alam.

 

Lokasi

Pulau Serangan berada di Desa Serangan, Denpasar Selatan, Denpasar, Pulau Bali –Indonesia. Lokasinya ada disebelah Selatan Pantai Sanur, 250 meter dari pantai sebelah Tengata Bali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: