Pantai Candikusuma

Ke Pantai Candikusuma yang Eksotis!
Bali memang terkenal dengan berbagai keindahan pantainya. Banyak para wisatawan yang ketagihan mengunjungi Bali karena menyaksikan sunset ataupun sunrise di tepi pantai yang sulit untuk terlupakan. Pantai Candikusuma merupakan salah satu pantai yang banyak menyedot perhatian para wisatawan asing maupun domestik yang ingin benar-benar menikmati keindahan alam yang eksotik.

bali-beach  dps-bali-kuta-beach-b1

Diakui oleh banyak pengunjungnya bahwa Pantai Candikusuma cukup baik untuk berenang maupun mandi karena perairannya yang bersih dan terjaga. Candikusuma sangat cocok jika didatangi oleh pasangan muda-mudi yang sedang memadu kasih atau berbulan madu karena menyajikan berbagai pesona keindahan alam yang memukau dan sulit diterjemahkan secara verbal. Candikusuma layak menjadi prioritas bagi siapapun yang menginginkan suasana pantai yang tenang dan asri untuk sejenak melepas penat dari problematika kehidupan yang dihadapi.

atraksi-pantai

Di sekitar Pantai Candikusuma ternyata tak hanya menyajikan eksotisme deburan ombak atau melambainya dedaunan yang tersibak angin pantai, namun juga tersedia benda peninggalan sejarah berupa sebuah tugu berbentuk segitiga yang konon menurut hikayat warga sekitar di tugu itu dulunya pernah keluar keris yang mampu memancarkan sinar. Maka, terasa lengkap wisata ke Pantai Candikusuma karena bukan hanya kepuasan fisik yang diperoleh, namun juga kepuasan batin dengan berwisata sejarah di tugu berbentuk segitiga tersebut.

Spot Memancing

Ngurah_Praja_mancing_14_03_2010-3

Pantai Candikusuma juga kerapkali dijadikan sebagai spot/arena memancing oleh penduduk sekitar yang favorit karena di pantai ini terdapat dermaga perahu bot yang dimiliki perusahaan penangkaran kerang mutiara yang sering dijadikan tempat berkumpulnya banyak ikan. Selain terdapat dermaga perahu bot, juga posisi Pantai Candikusuma yang diapit oleh dua muara sungai yakni Sungai Candikusuma dan Tukadaya menjadikan pantai ini sebagai habitat hidupnya ikan-ikan kecil berupa peranakan ikan-ikan besar yang bertelur di sekitar Candikusuma.

memancing

Dulunya, banyak warga sekitar yang menggantungkan hidupnya dari aktifitas nelayan. Namun seiring dengan hadirnya perusahaan keramba penangkaran kerang mutiara membuat mayoritas diantara mereka beralih profesi menjadi penangkar di perusahaan tersebut. Hal tersebut bisa dimaklumi mengingat penghasilan sebagai nelayan lebih sedikit dibandingkan dengan apabila mereka menjadi pegawai di penangkaran kerang mutiara.

boat

Namun demikian, aktifitas memancing yang sudah menjadi kebiasaan penduduk sekitar, bahkan terkadang juga para wisatawan yang datang, tetap dilakukan. Kegiatan memancing tersebut biasanya dilakukan di sore hari ketika terik matahari sudah tak terlalu menyengat, pun sekalian menikmati indahnya sore yang memukau. Sungguh tempat wisata yang menjadi dambaan banyak orang.

Jelur ke Candikusuma

 Pantai Candikusuma terletak di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Candikusuma bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dari kota Negara sejauh 12 km. Kalau Anda baru pertama kali mengunjungi Candikusuma sebaiknya menggunakan jasa tourist guide yang jumlahnya banyak dan bertebaran di seantero Bali supaya perjalanan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: