Padang Bai

Padang Bai, Oh Padang Bai!
Nama wisata Padang Bai cukup terkenal di Bali. Lokasinya cukup strategis karena tepat berada di jurusan Klungkung-Karangasem dengan belok ke arah kanan. Padang Bai merupakan daerah pelabuhan dimana banyak bersandar kapal-kapal besar dan kecil yang melepaskan jangkarnya. Area ini, pada perkembangannya kemudian dikembangkan menjadi objek wisata dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya. Padang Bai sangat terkenal dengan pasir putihnya, lingkungan alam sekitarnya yang indah, serta panorama bawah lautnya yang mampu membelalakkan mata.

padangbai2

padangbai3

padangbai4

padangbai5

padangbai6

padangbai

 

Disamping juga kehidupan para nelayan dengan segala dinamikanya, juga keramaian di pelabuhan menjadi nilai plus penarik banyak wisatawan. Padang Bai juga dikenal dengan pura keramatnya yakni Pura Silayukti dan Pura Tanjung Sari. Pura Silayukti dibangun oleh seorang empu bernama Empu Kuturan. Disamping dua pura tersebut, juga terdapat Pura Agung yang terletak di sebelah barat Padang Bai.

Daya Tarik

Kini, di Padang Bai telah dibangun beberapa buah penginapan dan juga rumah makan untuk menunjang aktifitas para wisatawan yang semakin bertambah saja. Biasanya para wisatawan yang datang ke Padang Bai ketika musim liburan datang. Di Padang Bai juga tersedia jukung-jukung tradisional dan perahu dengan menggunakan motor kecil yang bisa disewakan kepada setiap pengunjung yang berniat menyewanya. Kemudian, di areal parkir juga tersedia toko-toko souvenir khas Bali berderet rapi.

Bagi wisatawan yang ingin melanjutkan wisatanya ke Lombok, tersedia juga kapal penyeberangan Ferry yang selalu siap siaga melayani wisatawan untuk menyeberang. Kapal Ferry ini biasanya berlayar empat kali dalam sehari. Jadi, pengunjung yang bosan berada di Padang Bai bisa langsung menyeberang ke Lombok untuk menikmati suasana alam dan pantai yang berbeda.

Yang menarik dari objek wisata Padang Bai ini lokasinya yang agak “nyempil” karena terlindungi oleh batu karang yang berwarna hitam dan kelihatan kokoh sehingga kehidupan bawah airnya sangat nyaman. Sebelah timur pantai ini pun dilengkapi dengan pasirnya yang putih bersih dan sangat mengasyikkan untuk berenang atau berjemur khas bule-bule. Ikan-ikan berwarna-warni pun berseliweran di sela-sela karang, sangat menarik dan eksotis.

Bagaimana Menuju Ke Sana?

Padang Bai terletak di Kecamatan Manggis, sekitar 53 kilometer dari kota Denpasar atau lebih kurang 30 kilometer dari Amlapura. Dari Kuta, dapat dijangkau dengan memakan waktu drive sekitar 3 jam. Daerah ini merupakan kawasan pelabuhan yang menghubungkan pelayaran antara pulau Bali dan pulau Lombok. Di sini pula tempat mendaratnya para wisatawan yang berkunjung ke Bali melalui lautan yang diangkut oleh kapal-kapal pesiar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: