Nusa Dua Bali

Berwisata di Lokasi Elit Nusa Dua

festival-nusa-dua2
Siapa yang tak tahu dengan objek wisata yang satu ini. Jangankan orang-orang di negeri ini, nama Nusa Dua sudah mahsyur sampai ke luar negeri. Di kalangan wisatawan asing rasanya sudah tak sangsi lagi bahwa Nusa Dua begitu populer karena keindahan alam kepulauan khas Bali. Pada tahun 1974 pemerintah menjadikan Nusa Dua sebagai proyek percontohan bagi Bali dan bahkan nasional.

Areal yang Luas

Nusa Dua memiliki areal sekitar 350 hektar. Lahan yang tadinya tak produktif tersebut kemudian diakuisisi oleh pemerintah untuk dibangun sektor pariwisata yang bisa menjadi kebanggaan masyarakat Bali secara khusus dan Indonesia pada umumnya. Resort ini pun semakin berkembang menjadi lokasi pariwisata yang menarik dan prestisius dengan memiliki rancang bangun yang komprehensif dan terpadu.

Aspek Kesejarahan

Ditinjau dari istilah, Nusa Dua berasal dari kata Dua Nusa atau dua pulau. Sampai kinipun kedua pulau tersebut tetap dibiarkan kealamiannya dan karenanya menjadi salah satu lokasi kunjungan wisata para wisatawan.

Sebagaimana dijelaskan diatas, bahwa sekitar tahun 1970-an pemerintah telah mengakuisisi daerah ini yang kemudian menunjuk sebuah perusahaan konsultan asal Prancis Centrale Société pour l’peralatan Touristique outre-Mer (SCETO) untuk melakukan penyusunan rencana induk pengembangan pariwisata Bali secara kontinyu.

Rencana SCETO diusulkan kompleks resort mandiri ditepi laut, terpisah dari pusat penduduk utama untuk meminimalisir dampak pariwisata terhadap budaya Bali. Situs ini diusulkan adalah Nusa Dua. Ini adalah salah satu keunikan resort wisata Nusa Dua, yakni dibangun terpisah dari desa Bualu sebagai lokasi utama dari resort ini. Resort dengan konsep wisata budaya ini mendapat gelar sebagai salah satu dari enam resort terbaik dunia.

Taman dari resortnya bisa kita sebut taman terindah di Bali. Jika anda berkunjung ke Nusa Dua tidak terlihat bahwa di balik pohon-pohon kelapa itu berdiri hotel-hotel berbintang lima yang mempekerjakan ribuan karyawan.

Lokasi

Nusa Dua terletak di Kabupaten Badung. Jarak kawasan Nusa Dua dari kota Denpasar adalah sejauh 30 km (melalui jalan kawasan Kuta ke selatan), dan jarak dari lapangan udara adalah 12 km.

Kawasan ini memiliki fasilitas kepariwisataan paling lengkap di Bali, bahkan di Indonesia, seperti akomodasi, fasilitas olahraga, dan pusat pertokoan. Sampai sekarang di kawasan ini telah dibangun sembilan hotel berbintang. Kawasan ini juga memiliki pantai yang indah dan baik untuk digunakan berekreasi dan berolahraga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: