Museum Le Mayeur

Museum Le Mayeur
Kota Denpasar – Bali – Indonesia
Museum Le Mayeur

Museum Le Mayeur terletak di kawasan wisata Pantai Sanur, Kota Denpasar

Adrien-Jean Le Mayeur de Merpres adalah seorang keturunan bangsawan dari Belgia. Ia dilahirkan di Brussels, 9 Februari 1880, dan mewarisi darah seni dari orang tuanya. Pendidikan terakhirnya adalah insinyur bangunan di Universitas Libre, Brussel. Lantaran dilarang mengembangkan bakat melukisnya, Le Mayeur nekat meninggalkan keluarganya dan berkeliling dunia.

Le Mayeur tiba di Bali pada tahun 1932 melalui pelabuhan di kota Singaraja. Tak lama kemudian, ia melanjutkan perjalanan ke Denpasar dan mulai menetap di Pantai Sanur. Mulanya Le Mayuer berencana berkunjung selama delapan bulan, akan tetapi menyaksikan keindahan alam serta kecantikan para penari Bali, Le Mayeur terbetik untuk mendirikan rumah dan sanggar melukis di tepi Pantai Sanur. Seorang penari legong bernama Ni Nyoman Pollok yang menjadi model lukisannya menarik hati Le Mayeur untuk mempersuntingnya. Mereka kemudian menikah.

Kisah kehidupan dua seniman ini sebetulnya cukup mengharukan. Melalui pernikahan dengan Le Mayeur, Ni Pollok sebenarnya ingin memiliki keturunan. Tetapi keinginan itu ditolak oleh sang suami. Alasannya, Ni Pollok adalah model lukisan. Keindahan tubuh Ni Pollok dikhawatirkan rusak apabila hamil dan melahirkan. Pasangan seniman ini tidak dikaruniai keturunan hingga akhir hidupnya.

Rumah dan sanggar melukis yang dibangun oleh Le Mayeur kemudian didedikasikan sebagai museum. Melalui surat wasiat yang ditulis pada tahun 1957, disepakati bahwa apabila pasangan Le Mayeur-Ni Pollok telah wafat, maka rumah mereka di Pantai Sanur akan diserahkan kepada pemerintah sebagai museum.

Le Mayeur dikenal sebagai salah seorang pelukis yang mengangkat keindahan panorama alam, ekspresi budaya, serta kecantikan perempuan Bali ke dalam kanvas. Di dalam museum ini, pengunjung dapat menikmati karya-karya lukisan serta benda-benda bersejarah peninggalan Le Mayeur seperti kursi, meja berukir, ranjang, lemari, jambangan bunga dari keramik, peralatan dari perak, guci, buku-buku, serta patung.

Karya lukis Le Mayeur mencapai 88 buah, umumnya memiliki ciri impresionis, dan dibuat antara tahun 1921 sampai 1957. Uniknya, karya-karya tersebut beberapa di antaranya menggunakan media lukis selain kanvas, misalnya hardboard, tripleks, kertas, dan bagor atau kain goni. Media lukis kain goni, misalnya, digunakan oleh Le Mayeur pada masa penjajahan Jepang karena kesulitan mendapatkan kiriman kanvas dari Belgia.

C. Lokasi

Museum Le Mayeur terletak di kawasan wisata Pantai Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Dari pusat kota Denpasar, perjalanan menuju Museum Le Mayeur dapat ditempuh  dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum (bemo). Angkutan umum (bemo) menuju kawasan Pantai Sanur dapat diakses melalui terminal Kreneng, Kota Denpasar, dan akan mengantarkan pengunjung sampai ujung jalan Hang Tuah. Dari tempat ini, pengunjung harus melalui jalan setapak menuju lokasi museum dengan jarak ± 70 m.

Museum Le Mayeur buka antara jam 08.00—15.00 WITA (Sabtu—Kamis), sedangkan pada hari Jumat antara jam 08.00—12.30 WITA. Museum ini tutup pada hari libur nasional.

Setelah menikmati sajian karya seni di Museum Le Mayeur, wisatawan dapat mencicipi masakan khas Bali di warung-warung yang berada di sepanjang Pantai Sanur. Apabila memerlukan penginapan, berbagai macam penginapan mulai dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang banyak terdapat di kawasan ini. Untuk melengkapi kunjungan, tentu saja tak lengkap kalau tidak membeli beraneka cinderamata khas Bali yang dijual di kios-kios suvenir di sekitar Pantai Sanur. Selain indah, harganya juga cukup terjangkau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: