Monumen Operasi Lintas Laut

Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali
Monumen ialah saksi bisu mengenai suatu peristiwa bersejarah yang maha penting bagi sebuah daerah, entitas masyarakat atau sejarah itu sendiri. Monumen ialah simbol keagungan dari sebuah perjuangan maha dahsyat yang dilakukan pejuang-pejuang pemberani untuk kemudian melakukan pembebasan, menolak diskriminasi, dan isolasi dalam berbagai bentuknya. Monumen ialah realitas yang menyejarah, simbol sekaligus pesan satu generasi ke generasi berikutnya ihwal perjuangan, penderitaan, kenestapaan.

monumen-lintas-laut-jawa-bali1 monumen-lintas-laut-jawa-bali2 monumen-lintas-laut-jawa-bali3

Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali ialah salah satu monumen yang dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang-pejuang republik yang telah dengan gigih melakukan pertempuran pada April 1946. Dimana Operasi Lintas Laut Jawa –Bali yang dilakukan dari bulan April sampai bulan Juli 1946 itu mempunyai efek yaitu diantaranya:
– Terhambatnya untuk sementara penyerbuan Belanda ke jantung pemerintahan RI.
– Pengenduran tekanan terhadap front pertempuran di Surabaya.
– Dapat digunakannya Pelabuhan Banyuwangi sebagai pelabuhan pengiriman beras kepada rakyat Indonesia sebagai bagian dari perjuangan diplomasi RI.

Monumen Operasi Lintas Laut Jawa –Bali ini dibangun dilahan yang cukup luas di mana daerah sekitarnya adalah kawasan Taman Nasional Bali Barat. Diatas Monumen ini terdapat patung jangkar kapal, dan dipinggir monumen terdapat jalan yang mengelilinginya untuk mencapai puncak. Jika Anda menuju atas monumen tersebut Anda bisa melihat kejadian pada saat pertempuran yang dilakukan oleh Pasukan M pada gambar – gambar yang mengelilingi monumen ini, dan juga jalan ini dipagari oleh senjata dan bambu runcing yang digunakan oleh bangsa kita untuk melawan penjajah.

Sekarang Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali tersebut dijadikan sebagai tempat wisata bersejarah di daerah Bali barat. Monumen Operasi Luntas Laut Jawa – Bali ini didirikan untuk mengenang perjuangan para pahlawan terdahulu, dan supaya kita sebagai generasi penerusnya mempunyai semangat juang untuk membebaskan diri kita serta bangsa kita dari segala macam bentuk penjajahan.

Monumen maha penting ini terletak di Cekik, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali –Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: