Kera-Kera Wenara Wana

Kelucuan Kera-Kera di Wenara Wana
Di daerah Gianyar atau tepat sekitar 26 km dari Ibukota Denpasar, ada sebuah hutan kecil yang kerap didatangi para wisatawan untuk sekedar melongok tingkah lucu dan lugu ratusan kera yang meninggali hutan kecil tersebut. Kera-kera itu cukup jinak dan bisa diajak bermain secara aktif oleh pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini. Selain dihuni oleh ratusan ekor kera, hutan kecil tersebut juga dijadikan sebagai pekuburan desa dimana tempatnya lumayan disakralkan.

wenara-wana2 wenara-wana3 wenara-wana4 wenara-wana5 wenara-wana

Makanya tak ada alasan untuk tak menjadikan lokasi ini sebagai kunjungan wisata Anda ketika ke Bali karena lumayan lengkap. Disini Anda bisa menyaksikan kera-kera yang melucu, jenaka kadang sedikit nakal, juga bisa melihat pekuburan para leluhur masyarakat Bali beserta bangunan pura yang kental akan arsitektur Balinya. Dan bila tepat waktu sesekali dapat menyaksikan lengkap dengan upacara di pura (odalan) maupun upacara pembakaran mayat (ngaben).

Hutan Monyet Ubud

Wenara Wana juga kerap disebut sebagai Hutan Monyet Ubud. Lokasi ini merupakan sebuah cagar alam dan kompleks candi yang didalamnya terdapat lebih kurang 340 kera berekor panjang. Kera –kera itu terdiri dari 32 jantan dewasa, 19 jantan muda, 77 betina dewasa, 122 remaja, dan 54 ekor bayi kera. Disana juga ada sedikitnya empat kelompok monyet yang menempati lokasi berbeda di taman tersebut.

Jumlah pengunjung per bulannya cukup fantastis karena bisa mencapai 10.000 orang. Luasnya Hutan Monyet Ubud diperkirakan sampai 27 hektar dan berisi setidaknya 115 jenis pohon yang beragam. Selain itu, juga terdapat sebuah pura yang diberi nama Candi Pura Dalem Agung Padangtegal dimana juga dijadikan sebagai sumber kesucian bagi masyarakat Bali karena kerap kali dijadikan sebagai tempat upacara adat dan keagamaan.

Menuju Ke Wenara Wana

Letaknya berada diantara Desa Padang Tegal dan Nyuh Kuning, Kecamatan Ubud, Kabupaten Daerah Tingkat II Gianyar, tepatnya 26 km dari Kota Denpasar. Jam buka dari pukul 08 pagi sampai pukul 18.00 malam. Harga masuknya pun cukup terjangkau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: