Desa Bang Sidem : Lembah Pantunan

Menikmati Keindahan Alam Lembah Pantunan

Bali memang dianugerahkan keindahan alam yang tiada duanya. Bali bukan hanya memikat wisatawan lokal atau turis domestik saja, namun juga memikat para turis asing sehingga mereka datang lagi dan lagi ke Bali. Bagi wisatawan, Bali ialah reinkarnasi keindahan surga yang ada di dunia. Atau dengan kata lain, Bali adalah surganya dunia yang berpanorama alam menarik dan sangat indah.

lembah-pantunan lembah-pantunan2 lembah-pantunan3

Salah satu yang menjadi daya tarik di Bali ialah kawasan Lembah Pantunan. Lembah Pantunan ini memiliki kelebihan hamparan sawah yang letaknya tepat berada didasar bukit kecil dengan keindahan yang sukar dituang dengan kata-kata dan konon tak kalah dengan keindahan wisata Ceking-Tegallalang di Gianyar. Karena potensinya inilah yang pada awalnya membuat pemerintahan daerah setempat berencana untuk memaksimalkan potensi tersebut supaya mendatangkan pemasukan yang signifikan.

Namun sayangnya, hingga kini asa itu rupanya hanya menjadi harapan yang menggantung di langit karena hampa implementasinya. Lembah Pantunan seolah disuruh berdiri hanya mengandalkan keindahannya an sich tanpa ada upaya serius untuk memberikan fasilitas dan atau membangunnya menjadi objek wisata yang andal. Alhasil, berbagai kelebihan potensi itu hanya terbengkalai apa adanya dan tentunya juga berimplikasi pada pemasukan dari sektor kepariwisataan di Lembah Pantunan yang juga apa adanya.

Asal-Usul

Ditinjau dari segi bahasa, Pantunan itu berarti “padi”. Jadi Lembah Pantunan ialah lembah yang menampilkan wisata tanaman padi. Kealamian Lembah Pantunan ini rupanya yang menjadi daya pikat tambahan bagi wisatawan sehingga mereka menjadikan Lembah Pantunan sebagai favorit untuk mengunjunginya. Selain tanaman padi, di lokasi lembah ini juga terdapat beberapa buah mata air yang memiliki fungsi yag berbeda-beda. Salah satunya ialah mata air Sudamala yang biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk Pelukatan (pembersihan diri).

Lokasi

Lembah Pantunan berada di Desa Bang Sidem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: