Desa Ambengan

Mengeksplorasi Potensi Wisata Desa Ambengan
Pulau Bali memang terkenal memiliki banyak desa wisata. Biasanya keberadaan desa wisata ini digunakan oleh para wisatawan untuk melakukan aneka aktifitas semisal camping, tracking, atau refreshing. Wisatawan asing khususnya, banyak yang kesrengsem dengan desa wisata di Bali yang rata-rata masih alami, hijau, dan jauh sekali dari polusi udara.

desa-ambengan desa-ambengan2 desa-ambengan3 desa-ambengan4

Desa Wisata Ambengan ialah satu dari sekian banyak desa wisata yang ada di Bali. Banyak potensi yang terdapat di desa ini semisal air terjun, kolam alami, pesawahan dengan sistem terraceringnya, dan tentu keindahan alamnya. Keadaan demikian tentunya berdampak jga pada segi ekonomi warga masyarakat yang ada disekitarnya. Sejak diketahui dan dikenal banyak wisatawan sehingga mampu mendatangkan wisatawan ke desa ini, maka geliat perekonomian warga pun menjadi meningkat pesat.

Pebantenan

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Desa Ambengan itu dulunya bernama Pebantenan. Alkisah, ketika itu terjadilah luapan air yang dahsyat dari Danau Tamblingan yang terjadi pada 1815 sehingga menyebabkan lebih kurang 17 desa tenggelam oleh lumpur. Kejadian tersebut memaksa masyarakat untuk pindah mencari lokasi yang lebih aman di arah Timur yang disebut dengan Sukadana. Mengapa Sukadana? Karena keindahan alamnya yang eksotis dan indah dengan hamparan padang ilalangnya.

Nah, hamparan ilalang tersebut kemudian diberinama Ambengan oleh para pedagang di lokasi itu. Sehingga, entah mengapa nama Sukadana menjadi menghilang dan diganti namanya menjadi Desa Ambengan. Disamping potensi teraseringnya, Desa Wisata Ambengan juga memiliki lebih dari 4 air terjun dan beberapa buah kolam alami yang cukup lebar serta sangat eksotis yang sering disebut sebagai sebuah taman yang tersembunyi, dimana para wisatawan bisa berenang sambil menikmati hawa sejuk.

Lokasi Desa Wisata Ambengan

Desa Ambengan berada di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Bali yang jaraknya sekitar 5 km dari Kota Singaraja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: