Air Panas Banjar

Berendam di Air Panas Banjar
Air Panas Banjar merupakan salah satu mata air panas dari banyak objek wisata di Bali yang bisa dikunjungi oleh Anda dan juga wisatawan lainnya. Air panas ini bersumber dari mata air alam yang dianggap banyak kalangan bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, sepert kudis, kutu air, kurap, maupun panu. Demikian juga, bahwa air panas ini bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit kulit karena kandungan belerangnya.

air-panas-banjar2 air-panas-banjar3 air-panas-banjar4

Objek wisata air panas Banjar ini memang masih dikelola secara sederhana, namun hal demikian tak membuat objek wisata yang mengandalkan alam ini tak serta-merta kurang diminati pengunjungnya. Banyak diantara mereka yang ketagihan untuk datang lagi dan lagi mengunjungi air panas ini karena selain bisa menyembuhkan penyakit juga keadaan alamnya yang masih asri. Bahkan banyak diantara pengunjung yang berendam di air panas ini karena keteduhan dan kejernihan airnya.

Berusia Ratusan Tahun

Sumber mata air panas Banjar ini diperkirakan telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Ketika masa pendudukan Jepang, mata air panas ini lebih dibenahi dan dimaksimalkan peran dan fungsinya. Pemerintahan Jepang ketika itu membangun setidaknya tiga buah kolam penampungan air untuk berendam dimana airnya mereka gunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit. Dan keberadaan air panas tersebut dipertahankan hingga kini.

Kolam air panas terbagi menjadi tiga bagian dengan tingkat ketinggian berbeda. Air panas pada kolam pertama dialirkan melalui mulut delapan pancuran naga. Sedangkan di kolam kedua air panas dialirkan ke kolam melalui lima pancuran naga. Untuk kolam ketika tak jarang terlihat pengunjung yang mengantri untuk menikmati tiga pancuran air yang dialirkan dari ketinggian 3,5 m. Tingginya pancuran air membuat tubuh seakan dipijat oleh air sehingga pengunjung senang berada di bawahnya. Kedalaman kolam rata-rata sedalam 1 meter. Seperti halnya tempat pemandian air panas lainnya, sumber air panas di Desa Banjar dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit kulit.

Lokasi

Air Panas Banjar berada di Desa Banjar, Kabupaten Buleleng yang berjarak sekitar 24 kilometer dari Kota Singaraja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: