Upacara Melepas Hawon

Menyoal Upacara Ngalepas Hawon di Tanah Dewata

SONY DSC
Pernahkah Anda mendengar atau bahkan melihat prosesi Upacara Ngalepas Hawon yang dirayakan oleh warga lokal Bali? Sesungguhnya Upacara Ngalepas Hawon ini identik dengan Selamatan dalam tradisi Islam karena substansinya sama: yakni melepaskan segala macam kotoran yang menempel pada ibu atau bayi.

Upacara ini memang secara khusus ditujukan untuk membersihkan segala aspek yang dianggap kotor pada tubuh bayi atau ibunya. Upacara ini juga dimohonkan untuk perlindungan terhadap sang bayi dan ibunya kepada Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa). Biasanya upacara ini dilaksanakan ketika umur sang bayi telah mencapai 12 hari. Warga lokal Bali sangat percaya bahwa pada usia tersebut bayi yang telah diberikan kesempatan untuk melihat dunia itu ialah waktu yang sangat penting dan sejatinya patut untuk diupacarai.

upacara-ngalepas-hawon3

Dalam konteks pelaksanaannya sendiri, terdapat 4 tingkatan pelaksanaan sebagai berikut:

Upacara kecil
Upacara biasa (madya)
Dan upacara besar, yang sebenarnya tak seberapa berbeda dengan upacara madya namun yang membedakannya ialah adanya jerimpen tengeh dan wali joget atau wayang lemah.
Dan juga dalam Upacara Ngalepas Hawon ini diperlukan banten atau sesajen yang harus disiapkan sebagai berikut:

Banten byakaon
Banten prayascita
Air tirtha suci
Banten pengelukatan (pembersihan/ penyucian)
Banten pasuwungan
Untuk prosesi upacaranya sendiri biasanya dipimpin oleh seorang anggota keluarga yang dianggap dituakan. Biasanya upacara sakral ini dilakukan di rumah, utamanya di tempat pemandian, di dapur serta sanggah kawulan atau tempat sembahyang dan pemujaan. Tempat pemujaan tersebut pada umumnya dimiliki oleh tiap-tiap rumah penduduk yang ada di Pulau Dewata Bali. Sungguh upacara yang menarik dan menjadi bukti bahwa masyarakat Bali ialah masyarakat yang taat dan patuh terhadap segala titah ajaran nenek moyangnya.

Selamat Berkunjung!

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: