Jalan jalan di Pulau Dewata

Wisata Bali


Photo credits – seanmcgrath

BersantaiPerjalanan ke Bali belum lengkap tanpa merasakan ketenangan di lereng bukit Ubud. Setelah mendapat penghargaan sebagai World Best City oleh Conde Nast Traveler Magazine, Ubud kini kembali populer dan sibuk dengan kedatangan turis. Meski begitu, masih ada beberapa tempat Anda bisa bersantai dan beristirahat dengan tenang. Dirty Duck Cafe alias Warung Bebek Bengil, adalah restoran yang menyajikan kelezatan bebek goreng kering dan renyah dengan sambal menggiurkan. Berbagai macam area trekking dan bersepeda juga tersedia untuk Anda yang ingin menyusuri labirin sawah bertingkat di Ubud.

Bergaya

Soal berbelanja di Bali, hanya ada satu tempat bagi para pecinta fesyen lokal yang tahu untuk tidak menilai buku dari sampulnya — Seminyak. Daerah perbelanjaan di pantai selatan Bali itu memiliki harta karun fesyen yang menunggu untuk Anda temukan. BIASA adalah ratunya, butik yang menyediakan gaya klasik untuk orang dewasa dan beberapa gaya centil untuk anak muda. Favorit penduduk lokal lainnya seperti Paul Ropp, Papillion, Innuendo dan Flamingo.


Photo credits – Metal Marna’s Ego-terror-ism

Kesenian dan Kerajinan Tangan

Perkembangan kesenian dan kerajinan di Bali sangat pesat dan banyak dicari oleh pasar internasional. Beberapa seniman telah menjadikan Bali sebagai rumah mereka, menyerap inspirasi dari keragaman budaya dan pesona kehidupan pulau itu. Ukiran kayu Bali sangat populer di kalangan turis, dan Anda dapat menemukannya di Tegallalang, Pujung dan Sebatu. Untuk mendapatkan keramik yang elegan, Jenggala Ceramics di Jimbaran adalah tempat yang harus ditengok. Galeri mereka yang sangat luas, berjarak hanya 10 menit dari bandara, menawarkan berbagai macam desain alat makan dan perlengkapan dapur buatan lokal dengan harga terjangkau.


Photo credits – yummiec00kies

Menguasai Ombak

Meski bukan lagi tujuan utama untuk berselancar, tetapi Bali masih memiliki lokasi-lokasi selancar unggulan di dunia. Ada lebih dari 20 ombak berkualitas di kawasan barat daya dan tenggara pulau, dan ombaknya cukup beragam untuk berbagai tingkat keahlian berselancar. Para pemula bisa ke Pantai Kuta untuk mendaftarkan diri di berbagai macam sekolah selancar, sementara itu area lainnya seperti Uluwatu dan Padang, lebih cocok untuk para peselancar mahir.


Photo credits – chee.hong

Parade Lumba-lumba

Wisatawan dapat mengunjungi Lovina, hanya tiga jam menuju utara dari Kuta. Tempat itu terkenal dengan wisata melihat lumba-lumba. Tur-tur ini biasanya berangkat dari pantai utama setiap pagi saat fajar, harga yang dipasang per orang Rp 75 ribu. Jika bepergian dengan teman-teman atau keluarga, mencharter satu perahu sendiri lebih disarankan.


Photo credits – ValerioVeo<

Martini

Untuk martini terbaik di Bali, mampirlah di Warung Naughty Nuri’s di Jl. Raya Sanggingan, hanya 10 menit bila Anda berkendara ke barat dari pusat Ubud. Martini klasik dingin dan margarita mereka adalah yang terbaik yang akan Anda temukan di Bali. Mereka juga menawarkan iga babi yang lezat. Suasananya santai, tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan sore setelah seharian lelah berperjalanan.


Photo credits – yummiec))kies

Berpesta

Jika pesta adalah prioritas Anda, Pantai Kuta adalah tempat yang harus dikunjungi. Di sini, pesta dimulai larut malam dan berlangsung hingga dini hari. Bayangkan saja keriuhan diskotik penuh dengan penduduk lokal dan turis mabuk, dengan berbagai macam tarian untuk menarik pengunjung. Hulu Cafe adalah tempat yang mengklaim sebagai “the only real gay bar in Bali”, tiga kali dalam seminggu mereka mengadakan drag show yang bisa sangat menyenangkan. Casablance, Peanuts, Bounty Ship, M-Bar-Go dan Sky Garden adalah beberapa tempat yang bisa menyediakan minuman apapun yang Anda inginkan.

Manjakan Diri

Sebagai tujuan utama perjalanan mewah di Asia Tenggara, Bali menawarkan beberapa spa terbaik dunia untuk memanjakan diri. Salah satunya adalah Kayumanis Private Villa & Spa yang menawarkan perawatan spa coklat, menggabungkan pijat tradisional Bali dengan minyak coklat, scrub coklat, mandi coklat, facial coklat dan satu porsi ice cream coklat untuk menutup perawatan. Banyak hotel dan villa lainnya menawarkan pijat Bali berkualitas tinggi menggunakan minyak khusus, bagi Anda yang ingin bersantai.

Makan Seperti Raja

Bali adalah tempat beberapa restoran terbaik di Asia Tenggara, menawarkan kuliner berkualitas tinggi dipadu pelayanan ramah dari penduduk lokal serta keindahan pulau. Selama bertahun-tahun, restoran seperti Ku De Ta, Sarong Bali, dan Kafe Warisan (saat ini telah dirubah menjadi Metis) menjadi andalan. Harga yang ditawarkan memang tinggi, tetapi Anda tentu kenal dengan ungkapan “ada harga, ada barang.”


Photo credits – Mr Wabu

Olahraga Air

Tanjong Benoa adalah tempat utama di Bali untuk melakukan olahraga air. Berbagai jenis kegiatan tersedia untuk pilihan. Parasailing, snorkeling, jet-ski, wake-boarding dan banana-boat adalah beberapa opsi yang bisa Anda dapatkan. Ada juga operator rafting di utara kawasan Ubud. Sungai Telagawaja dan Ayung adalah dua lokasi paling populer.


Photo credits – Ilse Rejs and Jan-Noud Hutten

Scuba Diving

Ada beberapa tempat untuk melakukan scuba diving di sekitar Bali. Beberapa yang populer seperti — Tulamben di timur untuk aktivitas wreck diving, dan di sekitar Pulau Menjangan untuk yang lebih menenangkan, sementara Nusa Penida di selatan cocok untuk drift diving. Bagi para pemula ada beberapa pusat penyelaman seperti PADI dan SSI yang bisa memberi panduan awal menyelam.


Photo credits – Flashpacking Life

Gunung Agung

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali. Gunung ini punya makna spiritual sangat besar bagi penduduknya dan menjadi rumah bagi Pura Besakih. Ada tiga rute mendaki, dan ketiganya cukup sulit, hanya cocok dilakukan oleh Anda yang kuat secara fisik. Ketika sudah berhasil mencapai puncak, Anda bisa melihat pemandangan yang menakjubkan. Anda harus menyewa seorang pemandu lokal, dengan kisaran harga Rp 400 ribu hingga Rp 1 juta tergantung pengaturan dan rute yang diambil.

Sudah beberapa dekade, Bali menjadi tujuan pariwisata utama Indonesia, dengan Pantai Kuta sebagai kiblat para peselancar dalam rute backpacking populer Asia Tenggara. Garis pantai keemasan tanpa ujung, terumbu karang menakjubkan, dinamisnya kehidupan, masakan internasional, tempat belanja mewah, dan lokasi selancar kelas dunia hanyalah beberapa yang dapat dinikmati di sini. Kini, Kuta lebih dikenal karena akomodasi eksklusif, restoran mahal, dan klub malam bergaya tempat pesta liar dan berbagai perayaan diadakan. Tetapi, kami berhasil menemukan beberapa tempat yang menyuntikkan kreativitas dan orisinalitas pada gaya hidup glamor di bekas desa nelayan ini.

Makanan – Favorit Setempat

Tepat di tengah Kuta Square, Dulang Cafe menyajikan masakan lokal dengan harga wajar dan tanpa pretensi. Kafe ini bisa dengan mudah dikenali lewat kanopi biru kehijauan terangnya saat Anda menjelajahi Kuta. Masuklah, maka Anda akan menemukan beberapa makanan Indonesia terbaik, seperti Sop Buntut dalam dua versi, daging goreng atau daging rebus. Menu favorit lainnya adalah Ayam Penyet yang disajikan dengan sambal terasi pedas.

Bermain – Selancar

Selancar adalah tujuan utama Anda datang ke Kuta. Ada banyak pilihan bagi peselancar dari berbagai kelompok usia dan kemahiran. Jadi tidak ada alasan Anda tidak ikut bermain-main. Pantai Kuta terkenal karena struktur dasar lautnya yang berpasir,
sehingga bukan saja pantai ini relatif aman bagi pemula, para peselancar pun tak perlu khawatir akan kemungkinan terbentur terumbu karang atau batu yang bersembunyi di bawah air. Pemula bisa memilih berbagai sekolah selancar di Kuta. Dua terpopuler adalah Rip Curl School of Surf dan Quiksilver Surf School Bali.

Minuman – Mari Berpesta

Tak jauh dari monumen bom Bali, M-Bar-Go, sebuah bar luas berlantai dua yang baru buka telah menjadi kompetitor utama bagi bar-bar lain di area itu. M-Bar-Go, tempat favorit bagi ekspatriat dan orang lokal, punya pertunjukan musik bagus, bahkan kadang mengadakan peragaan busana untuk meramaikan suasana. Tepat di sebelahnya, ada Sky Garden, satu lagi bar yang tengah populer.

Doa Pagi di Bali

Matahari masih jauh dari terbit di surga Tanah Dewata, Bali, Indonesia. Saat fajar menyingsing, para wanita Bali dengan patuhnya melakukan ritual pagi yang telah menjadi tradisi sejak berabad-abad lalu. Bagi orang luar, rutinitas sederhana itu adalah
persembahan dan mempersiapkan makanan di pagi hari, tapi dalam tradisi Bali, persembahan “ngejot” adalah sesuatu yang lebih daripada itu.

Ritual pagi tersebut dimulai dengan wanita Bali yang telah bangun sebelum fajar untuk mempersiapkan ngejot. Makan sebelum ritual
dilakukan dianggap sangat tidak span, sehingga orang-orang akan berpuasa sampai ritual itu selesai. Persiapannya diawali dari saat makan pagi disiapkan, dengan merebus air dan memasak nasi.

Orang Bali percaya bahwa “ngejot” akan menjaga hubungan tetap harmonis antara dunia manusia dan dunia para Dewa, dan ritual ini akan Anda saksikan setiap pagi di rumah penduduk Bali. “Ngejot” dipersiapkan di dapur, tempat suci menurut tradisi Bali, termasuk juga berbagai peralatan yang digunakan untuk menyiapkan ritual persembahan.

Setelah nasi dimasak, waktunya untuk mengolah “nasi jotan” yang akan digunakan sebagai persembahan doa. Menggunakan kelapa dan daun pisang yang dipotong menjadi kotak-kotak kecil, nasi diletakkan di atas nampan bambu suci tradisional yang disebut “kumarang”. Hiasan tambahan diletakkan di atas nasi itu, sebagai persembahan untuk menenangkan para dewa.

Seorang wanita Bali kemudian akan mempersiapkan dirinya untuk ritual — dia harus mengenakan kemben, sarung tradisional Bali, yang dipakai dengan santeng dan dikaitkan di sekitar pinggang pada awal upacara. Sesajen doa diletakkan di berbagai tempat di dapur dan lokasi sekitar rumah sebagai persembahan untuk Dewa, suatu cara untuk berterimakasih telah menjaga hubungan yang harmonis.

Upacara itu memberikan kita wawasan tentang budaya lokal Bali, sebuah tempat yang berlimpah dengan mistisisme religi, dan kekuatan magis bisa terwujud. Penduduk Bali percaya bahwa “ngejot” dapat membuat dapur menjadi sebuah tempat berlindung, dan membantu mengusir energi negatif atau serangan dari dunia roh jahat.

sumber Yahoo travel

Unearthing Asia

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: