Desa Wisata Beng

Tak terasa lengkap kalau berwisata ke Bali tanpa membawa oleh-oleh atau buah tangan khas pulau nan indah ini. Nah, diantara sekian banyak cinderamata untuk dibawa pulang salah satunya ialah Baju Barong yang sudah cukup terkenal dikalangan wisatawan asing maupun domestik. Baju Barong merupakan kerajinan khas Bali yang sudah biasa dibawa pulang oleh para pengunjung untuk dijadikan oleh-oleh bagi anggota keluarga.

SONY DSC SONY DSC SONY DSC baju barong

Baju Barong ini dibuat disebuah desa wisata bernama Desa Beng. Kalau Anda ingin melihat proses pembuatan Baju Barong dari awal hingga akhir, maka bisa berkunjung ke Desa Beng ini. Yang menarik dari semua tahapan proses pembuatan Baju Barong ini tanpa sedikitpun dengan menggunakan sentuhan modern. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat baju tradisional ini ialah Rayon. Permulaannya bahan dipotong sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan, kemudian diwarnai dan akhirnya dijemur. Baru setelah kering tahapan berikutnya ialah dilukis.

Proses pembuatan Baju Barong sendiri telah ada sejak lama dan diturunkan dari nenek moyang mereka. Pada awalnya, tak banyak penduduk yang mengerjakan pembuatan Baju Barong. Namun seiring dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bali yang tentunya berbanding lurus dengan peningkatan permintaan Baju Barong ini maka semakin banyak pula penduduk yang membuat Baju Barong ini.

Desa Wisata Beng berada di Desa Beng yang termasuk kawasan Kabupaten Gianyar, Pulau Bali– Indonesia. Kalau dari Kota Denpasar, jarak tempuhnya sekitar 35 km atau 35 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: